Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Tentang Kerajaan Sriwijaya: Sejarah Dan Perkembangan


Kerajaan Sriwijaya Kumpulan Makalahku
Kerajaan Sriwijaya Kumpulan Makalahku from makalahirfan.blogspot.com

Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan yang berdiri sejak abad keenam hingga abad ke-14. Berdasarkan sejarah, kerajaan ini didirikan oleh para pemeluk agama Buddha di daerah Palembang, Sumatera Selatan. Sejak saat itu, kerajaan Sriwijaya berkembang menjadi salah satu kerajaan terkemuka di Asia Tenggara. Berikut adalah makalah tentang Kerajaan Sriwijaya: sejarah dan perkembangannya.

Asal Mula Kerajaan Sriwijaya

Asal mula Kerajaan Sriwijaya masih menjadi misteri bagi para ahli sejarah. Namun, beberapa sumber menyebutkan bahwa pada abad keenam Masehi, sekelompok orang yang beragama Buddha mendirikan kerajaan di daerah Palembang. Kerajaan ini kemudian berkembang dan menjadi salah satu kerajaan terkemuka di Asia Tenggara. Seiring berjalannya waktu, Kerajaan Sriwijaya menjadi pusat perdagangan lautan dan menjadi tempat bertemunya berbagai agama dan budaya.

Wilayah Kerajaan Sriwijaya

Wilayah Kerajaan Sriwijaya terbentang dari area di sekitar Palembang hingga ke daerah Sumatera Barat, Jawa Barat, dan Kalimantan. Pada masa pemerintahan Raja Sri Marthandavarmma I, wilayah kerajaan ini mencakup seluruh Nusantara. Di masa ini, Kerajaan Sriwijaya juga menjadi salah satu pusat perdagangan lautan yang paling berpengaruh di Asia Tenggara, dan menjadi tempat bertemunya berbagai agama dan budaya.

Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya memiliki banyak kejayaan di masa lalu. Pada abad keenam, Kerajaan Sriwijaya telah menjadi pusat perdagangan lautan di Nusantara. Selain itu, Kerajaan Sriwijaya juga memiliki jaringan diplomatik yang luas dengan negara-negara di seluruh Asia Tenggara. Selain itu, kerajaan ini juga memiliki budaya dan seni yang berkembang pesat, serta kebudayaan yang berkembang luas. Berbagai jenis patung, relief, dan lukisan di era Kerajaan Sriwijaya masih bisa dilihat di berbagai situs arkeologi di berbagai wilayah nusantara.

Akhir Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya berakhir pada abad ke-14. Penyebabnya adalah serangan dari Chola, sebuah kerajaan di India Selatan. Chola juga menyerang beberapa pusat perdagangan di Nusantara, seperti Jambi, Palembang, dan Kedah. Akhirnya, pada tahun 1288, Kerajaan Sriwijaya jatuh ke tangan Chola. Sebagai akibatnya, kekuasaan Kerajaan Sriwijaya pun berakhir.

Harta Karun Kerajaan Sriwijaya

Harta karun Kerajaan Sriwijaya adalah berbagai macam benda-benda berharga yang ditemukan di situs-situs arkeologi di wilayah nusantara. Benda-benda ini meliputi berbagai macam perhiasan, patung, relief, dan lukisan yang berasal dari masa pemerintahan Kerajaan Sriwijaya. Benda-benda ini menceritakan tentang kebudayaan dan sejarah Kerajaan Sriwijaya dan menjadi bukti bahwa Kerajaan Sriwijaya adalah salah satu kerajaan terkemuka di Asia Tenggara.

Kesimpulan

Kerajaan Sriwijaya adalah salah satu kerajaan terkemuka di Asia Tenggara. Pada masa pemerintahannya, kerajaan ini telah menjadi pusat perdagangan lautan yang paling berpengaruh di wilayah Nusantara. Selain itu, Kerajaan Sriwijaya juga memiliki budaya dan seni yang berkembang pesat. Akhirnya, kerajaan ini berakhir pada abad ke-14 akibat serangan dari Chola. Berbagai benda-benda berharga yang ditemukan di situs arkeologi menjadi bukti bahwa Kerajaan Sriwijaya adalah salah satu kerajaan terkemuka di Asia Tenggara.


Posting Komentar untuk "Makalah Tentang Kerajaan Sriwijaya: Sejarah Dan Perkembangan"