Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Pengertian Pancasila


PANCASILA Pengertian, Sejarah Sistem Pemerintahan Indonesia
PANCASILA Pengertian, Sejarah Sistem Pemerintahan Indonesia from sistempemerintahan-indonesia.blogspot.com

Use keywords such as "pengertian pancasila", "nilai-nilai pancasila", "sejarah pancasila", "makalah pancasila", "fungsi pancasila" that have high CPC in the article.

Pengertian Pancasila

Pancasila adalah sebuah sistem filsafat yang merupakan dasar negara Republik Indonesia. Pancasila sendiri merupakan gabungan dari lima sila yaitu: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila juga menjadi ciri khas yang membedakan Indonesia dengan negara-negara lain.

Nilai-Nilai Pancasila

Nilai-nilai Pancasila yang berisi lima sila yaitu berikut:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Pada nilai ini mengandung makna bahwa manusia harus meyakini dan menghormati keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Nilai ini menunjukkan bahwa manusia harus bertuhan kepada Tuhan yang satu dan meyakini bahwa Tuhan itu adalah yang Maha Esa. Melalui nilai ini, diharapkan masyarakat Indonesia memiliki keimanan dan ketaqwaan yang tinggi.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Pada nilai ini mengandung makna bahwa manusia harus saling menghargai, menghormati, dan bekerja sama dengan rasa adil dan beradab. Nilai ini menunjukkan bahwa manusia harus saling menghormati dan saling menghargai tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan jenis kelamin. Melalui nilai ini, diharapkan masyarakat Indonesia saling menghargai dan bersikap adil satu sama lain.

3. Persatuan Indonesia

Pada nilai ini mengandung makna bahwa manusia harus menjaga persatuan serta menjaga kesatuan Indonesia. Nilai ini menunjukkan bahwa manusia harus menghormati dan menjaga persatuan antarnegara bagian. Melalui nilai ini, diharapkan masyarakat Indonesia menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia agar tetap terjaga.

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Pada nilai ini mengandung makna bahwa manusia harus memilih pemimpin secara musyawarah dan wakil yang bijaksana. Nilai ini menunjukkan bahwa manusia harus memilih pemimpin yang bijaksana dan berwawasan luas. Melalui nilai ini, diharapkan masyarakat Indonesia memilih pemimpin yang bijaksana dan memiliki wawasan luas.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Pada nilai ini mengandung makna bahwa manusia harus mampu menciptakan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Nilai ini menunjukkan bahwa manusia harus mampu menciptakan keadilan yang sama bagi semua rakyat Indonesia. Melalui nilai ini, diharapkan masyarakat Indonesia mampu menciptakan keadilan yang sama bagi semua rakyat Indonesia.

Sejarah Pancasila

Sejarah Pancasila dimulai pada saat Indonesia merdeka. Pancasila dicetuskan oleh Bapak Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Pada saat itu, Bapak Soekarno menyampaikan pidatonya yang dikenal dengan nama "Pidato Panjang 17 Agustus 1945". Pada pidatonya tersebut, Bapak Soekarno menjelaskan bahwa Pancasila adalah sistem filsafat yang akan menjadi dasar negara Republik Indonesia. Selanjutnya, pada tanggal 18 Agustus 1945, Bapak Soekarno menyampaikan pidatonya yang dikenal dengan nama "Pidato Kemerdekaan 17 Agustus 1945", di mana dia menjelaskan mengenai lima sila Pancasila. Setelah itu, pada tanggal 22 Juni 1945, Bapak Soekarno juga menyampaikan pidatonya yang dikenal dengan nama "Pidato Panjang 17 Agustus 1945", di mana dia juga menjelaskan mengenai lima sila Pancasila. Pada akhirnya, Pancasila menjadi dasar negara Republik Indonesia.

Fungsi Pancasila

Fungsi Pancasila adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Ideologi Negara

Pancasila berfungsi sebagai ideologi negara. Pancasila menjadi landasan dari segala tindakan dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah Indonesia. Dengan Pancasila, maka diharapkan semua tindakan dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah Indonesia akan mampu menciptakan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

2. Sebagai Pedoman Bernegara dan Berbangsa

Pancasila juga berfungsi sebagai pedoman bagi masyarakat Indonesia dalam bernegara dan berbangsa. Dengan Pancasila, maka diharapkan masyarakat Indonesia dapat menjalankan kehidupan bernegara dan berbangsa dengan baik dan benar. Pancasila juga menjadi pedoman bagi masyarakat Indonesia dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

3. Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa

Selain itu, Pancasila juga berfungsi sebagai pembentuk karakter bangsa. Dengan Pancasila, maka diharapkan masyarakat Indonesia memiliki karakter yang baik seperti kejujuran, keadilan, kebijaksanaan, rasa hormat, dan rasa saling menghargai. Dengan begitu, diharapkan masyarakat Indonesia akan menjadi bangsa yang berkarakter dan bertanggung jawab.

Kesimpulan

Pancasila merupakan sistem filsafat yang merupakan dasar negara Republik Indonesia. Pancasila terdiri dari lima sila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil


Posting Komentar untuk "Makalah Pengertian Pancasila"