Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Demokrasi Di Indonesia


(DOC) Makalah Demokrasi dan Pemilu di Indonesia Syarifah Aini Academia.edu
(DOC) Makalah Demokrasi dan Pemilu di Indonesia Syarifah Aini Academia.edu from www.academia.edu

Demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan yang menempatkan kekuasaan di tangan rakyat. Di Indonesia, konsep demokrasi telah ada sejak abad ke-19 dan telah menjadi salah satu dasar pemerintahan sejak masa pemerintahan kolonial Belanda. Setelah kemerdekaan, Indonesia berkembang menjadi negara demokrasi yang berdasarkan pada sistem pemerintahan presidensial. Model demokrasi di Indonesia mencerminkan konsep Pancasila yang menekankan hak asasi manusia, keadilan sosial, dan keadilan ekonomi.

Model Demokrasi di Indonesia

Model demokrasi di Indonesia terdiri dari tiga komponen utama, yaitu sistem pemerintahan presidensial, sistem parlemen, dan sistem pemilihan umum. Sistem pemerintahan presidensial menempatkan kekuasaan eksekutif di tangan presiden, yang dilengkapi oleh Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah. Sistem parlemen menempatkan kekuasaan legislatif di tangan Dewan Perwakilan Rakyat. Sementara itu, sistem pemilihan umum menempatkan kekuasaan legislatif dan eksekutif di tangan rakyat melalui proses pemilihan presiden dan anggota parlemen secara langsung.

Asas Demokrasi di Indonesia

Konsep demokrasi di Indonesia didasarkan pada asas-asas Pancasila. Asas-asas tersebut menekankan hak asasi manusia, keadilan sosial, dan keadilan ekonomi. Hak asasi manusia di Indonesia dijamin oleh hukum dan undang-undang, serta dijamin oleh pemerintah. Keadilan sosial di Indonesia menekankan perlunya pemerintah untuk memberikan perlindungan dan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Keadilan ekonomi di Indonesia menekankan perlunya pemerintah untuk menjamin kesejahteraan ekonomi dan kesempatan yang adil bagi semua orang.

Demokratisasi di Indonesia

Demokratisasi di Indonesia telah berkembang sejak masa pemerintahan kolonial Belanda. Pemerintah kolonial Belanda menggunakan sistem pemerintahan yang disebut sebagai "Bagian Belanda", yang menempatkan hak asasi manusia sebagai dasar pemerintahan. Setelah kemerdekaan, Indonesia mengadopsi model demokrasi yang berdasarkan pada sistem pemerintahan presidensial. Pemerintah Indonesia juga telah mengadopsi berbagai peraturan dan undang-undang yang menjamin hak asasi manusia, keadilan sosial, dan keadilan ekonomi.

Kontribusi Demokrasi di Indonesia

Demokrasi di Indonesia telah membantu menciptakan stabilitas politik di negara ini. Dengan memberikan rakyat kesempatan untuk memilih pemimpin mereka, sistem demokrasi telah membantu mencegah konflik politik dan mempromosikan komunikasi antar kelompok. Demokrasi juga telah membantu menciptakan keseimbangan ekonomi di Indonesia karena pemerintah dapat memperhatikan kepentingan rakyat dan menciptakan regulasi untuk melindungi kepentingan mereka.

Kesimpulan

Demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan yang menempatkan kekuasaan di tangan rakyat. Di Indonesia, konsep demokrasi telah ada sejak abad ke-19 dan telah menjadi salah satu dasar pemerintahan sejak masa pemerintahan kolonial Belanda. Model demokrasi di Indonesia mencerminkan konsep Pancasila yang menekankan hak asasi manusia, keadilan sosial, dan keadilan ekonomi. Demokrasi telah membantu menciptakan stabilitas politik dan keseimbangan ekonomi di Indonesia, serta membantu menjamin hak asasi manusia.


Posting Komentar untuk "Makalah Demokrasi Di Indonesia"