Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Famous Contoh Batasan Masalah Dalam Makalah Ideas


Contoh Identifikasi Masalah Dalam Makalah Penelitian
Contoh Identifikasi Masalah Dalam Makalah Penelitian from altmansshoesandboots.com

Contoh Batasan Masalah dalam Makalah

Menulis makalah adalah salah satu tugas yang wajib dikerjakan oleh para mahasiswa. Ketika membuat makalah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah batasan masalah. Batasan masalah dalam makalah penting untuk menentukan perihal apa yang akan dipelajari dalam makalah tersebut. Batasan masalah akan menjadi titik awal bagi mahasiswa untuk mulai mencari data dan informasi yang relevan. Dengan demikian, mahasiswa akan lebih mudah menulis makalah yang diperlukan.

Batasan masalah harus ditentukan sebelum mahasiswa memulai membuat makalah. Batasan masalah harus jelas dan terarah. Hal ini penting agar mahasiswa tidak terlalu luas atau terlalu sempit dalam membuat makalah. Jika batasan masalah yang ditetapkan terlalu luas, mahasiswa akan kesulitan memilih informasi yang relevan dan mengantisipasi informasi yang tidak relevan. Sebaliknya, jika batasan masalah yang ditetapkan terlalu sempit, mahasiswa akan kesulitan mencari banyak informasi yang relevan.

Batasan masalah harus jelas, konkret, dan relevan dengan subyek yang dipelajari. Dengan batasan masalah yang jelas, mahasiswa bisa memilih informasi yang relevan dan membuat kesimpulan yang tepat. Dalam membuat batasan masalah, mahasiswa harus menentukan ada berapa banyak pokok bahasan yang akan dibahas dalam makalahnya. Batasan masalah ini harus disesuaikan dengan tujuan yang dimaksud oleh mahasiswa dalam menulis makalah.

Batasan masalah juga harus jelas dan terfokus. Misalnya, jika mahasiswa menulis makalah tentang manajemen, batasan masalahnya harus lebih spesifik dibandingkan dengan hanya membahas manajemen secara umum. Misalnya, mahasiswa harus memilih antara membahas manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, atau manajemen operasional. Dengan demikian, mahasiswa akan lebih mudah membatasi pokok bahasan yang akan dibahas dalam makalahnya.

Setelah membuat batasan masalah, mahasiswa harus menuliskannya dalam bagian awal makalah. Dengan menuliskan batasan masalah, mahasiswa bisa mengindikasikan bahwa makalahnya hanya mencakup pokok bahasan yang telah ditetapkan dalam batasan masalah. Selain itu, mahasiswa juga bisa membuat daftar pustaka yang relevan dengan batasan masalah yang telah ditentukan. Dengan demikian, mahasiswa bisa menulis makalah yang relevan dengan topik yang dibahas.

Namun, batasan masalah tidak hanya harus ditetapkan di awal makalah. Di akhir makalah, mahasiswa juga harus menuliskan batasan masalah kembali. Dengan demikian, mahasiswa bisa mengindikasikan bahwa makalahnya hanya mencakup apa yang telah ditentukan dalam batasan masalah. Dengan demikian, mahasiswa bisa menulis makalah yang terfokus dan relevan dengan topik yang dibahas.

Membuat batasan masalah adalah salah satu hal yang penting diperhatikan ketika menulis makalah. Hal ini penting agar mahasiswa bisa menulis makalah yang terfokus dan relevan dengan topik yang dibahas. Dengan membuat batasan masalah yang jelas dan terarah, mahasiswa bisa menulis makalah yang berkualitas dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pihak yang memintanya.


Posting Komentar untuk "Famous Contoh Batasan Masalah Dalam Makalah Ideas"