Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Cpm Dan Jawabannya


Contoh Soal Dan Jawaban Studi Kasus Mata Kuliah Proyek 1 Learning by Doing
Contoh Soal Dan Jawaban Studi Kasus Mata Kuliah Proyek 1 Learning by Doing from learningbydoingpdf.blogspot.com

Contoh Soal CPM dan Jawabannya

Apa itu CPM?

CPM adalah singkatan dari Critical Path Method. CPM adalah metode yang diterapkan dalam proyek-proyek perencanaan manajemen proyek yang dikembangkan oleh DuPont Corporation sejak tahun 1950-an. Metode ini memungkinkan manajer proyek untuk mengidentifikasi jalur kritis (jalur yang paling sulit) untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Mengapa CPM Penting?

CPM penting karena memungkinkan Anda untuk menganalisis jalur kritis yang mungkin terjadi dalam proyek. Ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi jalur yang mungkin menyebabkan penundaan atau masalah lain. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi titik-titik yang mungkin memerlukan intervensi untuk memastikan bahwa proyek diselesaikan tepat waktu.

Bagaimana CPM Bekerja?

CPM bekerja dengan menganalisis jalur kritis yang mungkin terjadi dalam proyek. Dengan mengidentifikasi titik-titik yang mungkin memerlukan intervensi untuk memastikan bahwa proyek diselesaikan tepat waktu. Metode ini juga mengidentifikasi aktivitas yang dapat digabungkan atau dihapus untuk mempercepat waktu penyelesaian proyek.

Contoh Soal CPM dan Jawabannya

Salah satu contoh soal CPM adalah: Anda memiliki proyek dengan 10 tahap. Tahap 1 memakan waktu 2 minggu, tahap 2 memakan waktu 4 minggu, tahap 3 memakan waktu 1 minggu, dan seterusnya. Berapa lama waktu yang akan Anda butuhkan untuk menyelesaikan proyek tersebut? Jawabannya adalah 10 minggu.

Apa Manfaat CPM?

CPM memungkinkan manajer proyek untuk mengidentifikasi jalur kritis dalam proyek mereka. Metode ini memungkinkan manajer proyek untuk menganalisis jalur kritis dan memastikan bahwa proyek diselesaikan tepat waktu. Ini juga memungkinkan manajer proyek untuk mengidentifikasi aktivitas yang dapat digabungkan atau dihapus untuk mempercepat waktu penyelesaian proyek.

Bagaimana Cara Menggunakan CPM?

Untuk menggunakan CPM, Anda harus mulai dengan membuat diagram Gantt untuk proyek Anda. Diagram Gantt menggambarkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap aktivitas dan jangka waktu penyelesaian proyek. Setelah Anda membuat diagram Gantt, Anda harus menentukan jalur kritis yang mungkin terjadi dalam proyek dan cara mengoptimalkannya. Anda juga harus menentukan titik-titik yang mungkin memerlukan intervensi untuk memastikan bahwa proyek diselesaikan tepat waktu.


Posting Komentar untuk "Contoh Soal Cpm Dan Jawabannya"