Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis Terbaik

Arja, Selain sebagai bahasa Internasional bahasa Inggris juga kerap dijadikan bahasa percakapan sehari-hari. Buat kalian yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bisa lebih mudah menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris.

aplikasi belajar bahasa Inggris

Namun kalian juga harus mencoba tips di bawah ini agar bahasa Inggris kalian lancar dengan cepat selain dengan bantuan aplikasi.

  • Gunakan alat bantu visual. 
  • Dengarkan musik dan pelajari semua liriknya.
  • Membaca teks bahasa Inggris. 
  • Menonton televisi dan film dalam bahasa Inggris. 
  • Catat setiap kosakata baru.
  • Tonton video berbahasa Inggris tentang topik yang diminati.

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Berikut ini admin rangkum aplikasi belajar bahasa Inggris gratis terbaik yang bisa kalian coba. 

1. Grammarly

Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi keren yang dapat membantu pengguna belajar menulis (writing) dalam bahasa Inggris.

Grammarly akan menggantikan fungsi keyboard bawan ponsel. Salah satu keunggulan yang ditawarkan aplikasi ini adalah fitur untuk mengecek ejaan dalam bahasa Inggris.

2. Duolingo

Duolingo juga salah satu aplikasi belajar bahasa paling terkenal dan memiliki rating yang sangat bagus di play store maupun app store. Melalui aplikasi ini, kalian dapat belajar bahasa Inggris mulai dari level yang benar-benar mendasar (intermediate), sampai fluent. 

Selain itu, keunggulan lainnya adalah kalian dapat menentukan target belajar bahasa setiap harinya. Apabila ingin belajar bahasa Inggris 1 jam sehari. Duolingo akan mengingatkan kalian untuk membuka aplikasi sesuai dengan jam yang ditentukan. 

3. Beelinguapp

Dengan mengusung konsep pembelajaran lewat sebuah cerita, Beelinguapp membuat pengguna dapat belajar membaca cerita dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia secara bersamaan. Dengan aplikasi ini pengguna juga dapat mengaktifkan fitur audio yang tersedia pada cerita untuk mendengar langsung cara pengucapan sebuah kalimat dalam bahasa Inggris.

Salah satu keunggulan dari Beelinguapp adalah aplikasi ini menggunakan konsep story-telling. Caranya adalah kalian dapat belajar membaca sebuah cerita dalam bahasa Inggris, lalu di sebelahnya terletak cerita dalam bahasa kalian sendiri. 

Selain itu, terdapat juga fitur karaoke-style yang memungkinkan kalian untuk membaca sambil mendengar pronunciation kata yang sedang dibacakan. Dengan desain dan cerita yang menarik, belajar membaca dalam bahasa Inggris menjadi lebih mudah dan menyenangkan. 

4. BBC Learning English

Aplikasi BBC Learning English merupakan aplikasi yang tepat untuk belajar bahasa Inggris sehari-hari. Keunggulan dari aplikasi ini adalah terdapat fitur “mini daily lesson”, sehingga kalian bisa menonton materi pengajaran dalam waktu 3 menit saja. 

5. Memrise

Aplikasi Memrise menawarkan belajar bahasa Inggris melalui game. Kalian juga bisa melihat bagaimana pengguna lainnya menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam game tersebut.

Ada tiga belas halaman dari materi-materi yang disusun berdasarkan tingkat kesulitan. Mulai dari “English Irregular Verbs” yang mudah, hingga “A Tale of Two Cities” karya Charles Dickens yang lebih rumit untuk dipelajari.

Kalian juuga bisa melacak apa yang telah dipelajari, jika lupa apa arti sebuah kata, atau lupa kata apa yang telah dipelajari, kalian bisa melihat dan mempelajarinya kembali.

6. Rosetta Stone

Ini adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang fokus kepada speaking atau perbincangan. Keunggulan dari aplikasi ini adalah bisa belajar bahasa Inggris sesuai kebutuhan dengan waktu pembelajaran sekitar 10 menit. 

Jika kalian suka traveling dan ingin mempersiapkan diri untuk obrolan saat belanja, atau ingin belajar dasar-dasarnya saja, aplikasi ini punya program khususnya untukmu. Pembelajaran yang dilakukan secara kontekstual dan interaktif membuat belajar bahasa Inggris terasa menyenangkan.

7. HelloTalk

HelloTalk menyediakan fitur obrolan (chatting). Fitur ini memungkinkan pengguna HelloTalk dapat berinteraksi dengan pengguna yang berasal dari negara lain.

Pengguna HelloTalk dapat belajar bahasa Inggris sambil berkomunikasi layaknya sedang mengobrol lewat sebuah aplikasi layanan pesan singkat. Bedanya, setiap kata yang diketik oleh pengguna dapat dideteksi oleh sistem HelloTalk.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah kalian harus mengajarkan bahasa Indonesia sebagai imbalannya. Lebih tepatnya, HelloTalk bisa dikatakan juga sebagai portal penghubung jutaan orang yang sedang ingin belajar bahasa baru. Jadi, kedua pihak sama-sama mempelajari sesuatu yang baru langsung dari pembicara native.

Baca juga: Cara Mengajari Anak Sd Bahasa Inggris

Itulah dia 7 aplikasi belajar bahasa Inggris gratis terbaik yang bisa kalian coba mulai sekarang. Good luck!

Posting Komentar untuk "7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis Terbaik"