Skip to main content

Rekomendasi Tabungan Pendidikan Anak Terbaik

Arja, Tabungan pendidikan anak merupakan simpanan yang dapat digunakan untuk mengurus pendidikan anak di masa mendatang. Dengan menyiapkan tabungan sejak dini, maka orang tua tidak akan bingung bagaimana cara membayar biaya pendidikannya.

Tabungan Pendidikan Anak

Sebaiknya, tabungan ini dipersiapkan sejak dini. Jadi, mulai dari anak masuk TK sampai perguruan tinggi sudah dipersiapkan semua biayanya. Apalagi uang pangkal selalu mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Oleh karena itu, simpanan pendidikan ini sangat penting.

Jenis Tabungan Pendidikan Anak Untuk Masa Depan

Ada kriteria pemilihan jenis simpanan untuk pendidikan anak yang harus diketahui oleh orang tua. Pertama adalah bunga yang ditawarkan oleh penyedia tabungan karena ada bank yang menyediakan bunga tetap dan tidak tetap. 

Beberapa jenis simpanan pendidikan anak yang direkomendasikan adalah:

1. Simpanan Pendidikan Xtra CIMB Niaga

Bank pertama adalah CIMB Niaga dengan produk tabungan bernama Simpanan Pendidikan CIMB Niaga. Bunga yang ditawarkan adalah sebesar 3 persen setiap tahunnya. Adapun jumlah setoran awal yang harus Anda bayarkan adalah Rp5 juta rupiah.

Sedangkan untuk setiap bulannya Anda harus rutin membayar sebesar Rp500 ribu rupiah. Jangka waktu menabungnya mulai dari 3 tahun sampai 20 tahun dan terdapat biaya administrasi yang harus dibayarkan setiap bulan sebesar Rp5 ribu rupiah.

Persyaratannya adalah mengisi formulir yang disediakan pihak bank, membawa KTP, dan membawa buku tabungan CIMB Niaga. Jika Anda menunggak, maka akan dikenakan denda sebesar Rp2.500 setiap tunggakan. Adapun usia pengaju adalah minimal 18 dan maksimal 60 tahun.

2. Tabungan IB Pendidikan CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga juga menyediakan produk lain yang bisa digunakan oleh nasabah adalah Tabungan IB Pendidikan. 

Persyaratannya adalah mengisi formulir pembuatan rekening, membawa kartu identitas, melakukan setoran per bulan sebesar Rp100 ribu, dan biaya administrasinya Rp5 ribu rupiah. 

Biaya administrasi untuk penutupan rekening yang harus dibayarkan sebelum jatuh tempo sebesar Rp50 ribu rupiah dan biaya gagal debet sebesar Rp2.500 tiap bulannya. Jika menggunakan layanan ini, maka akan mendapatkan fasilitas berupa autodebet.

Jika ingin mengecek laporan saldo atau mutasi rekening, Anda dapat melihatnya di phone banking yaitu OCTO Mobile dan CIMB Clicks. Bagi hasil yang diberikan ke nasabah adalah 5.00% dengan keuntungan asuransi sampai Rp160 juta rupiah.

3. Tabungan BTN Siap

Tabungan pendidikan anak yang ketiga adalah Tabungan BTN Siap. Persyaratannya adalah berlaku untuk nasabah perorangan, membawa fotokopi KTP dan NPWP, kartu keluarga, tidak dikenakan biaya admin, dan biaya penutupan rekeningnya adalah 100 ribu rupiah.

Keuntungan menggunakan Tabungan BTN Siap adalah bunga yang dibebankan per tahun tidak banyak, hanya sekitar 3 persen saja. Selain itu, nasabah juga akan mendapatkan fasilitas berupa asuransi jiwa gratis, fasilitas autodebet, dan gratis biaya santunan.

4. Maybank Tabungan EduPlan

Maybank Tabungan EduPlan juga menjadi rekomendasi simpanan pendidikan yang bisa digunakan untuk persiapan masuk sekolah dan perguruan tinggi. 

Persyaratannya adalah mengisi formulir pendaftaran, membawa kartu identitas, memiliki rekening Maybank, dan minimal usia nasabah adalah 17 tahun. Keuntungan yang diberikan adalah untuk tenor satu tahun bunganya sebesar 3.5%. 

Pembukaan rekening dapat dilakukan secara online melalui M2U atau Maybank2u. Setoran rutin setiap bulannya adalah Rp100 ribu rupiah dan tidak dikenakan biaya admin.

5. Tabungan Berjangka TAKA Online OCBC NISP

Tabungan Berjangka TAKA Online OCBC NISP yang proses pendaftarannya dapat dilakukan secara online. Syaratnya juga tidak rumit yaitu nasabah hanya perlu membawa kartu identitas, memiliki rekening Bank OCBC NISP, dan melakukan setoran sesuai dengan jadwalnya.

Keuntungan yang didapatkan adalah tidak dikenakan biaya admin alias gratis. Selain itu, nasabah juga bisa menggunakan fasilitas sistem autodebet dan jangka waktu menabungnya mulai dari 6 bulan sampai 10 tahun. Sedangkan bunga yang dibebankan paling rendah 3.25%.

6. Tabungan Rencana Panin

Tabungan pendidikan anak yang keenam adalah Tabungan Rencana Panin. Keuntungan yang didapatkan adalah gratis biaya administrasi dan suku bunga yang dibebankan mulai dari 0 sampai 1.75%. 

Syaratnya adalah memiliki rekening Bank Panin, mengisi data lengkap secara online, dan membawa kartu identitas.

7. BNI Tapenas

BNI Tapenas adalah simpanan pendidikan lainnya yang juga direkomendasikan untuk Anda. Termasuk ke dalam tabungan berjangka mulai dari 2 sampai 18 tahun. Keuntungannya adalah suku bunga yang ditawarkan hanya 3.25% dan mata uang tabungannya bisa menggunakan USD atau IDR.

Keuntungan lainnya adalah melakukan setoran bulanan mulai dari Rp100 ribu sampai Rp25 juta rupiah. Nasabah juga diberi kebebasan jika ingin melakukan setoran tambahan melalui rekening BNI Tapenas. Nasabah juga diperbolehkan untuk membuat lebih dari satu rekening.

Selain itu, keuntungan lainnya adalah mendapatkan asuransi kesehatan jika nasabah mengalami kecelakaan. Persyaratannya adalah membawa kartu identitas, usia minimal nasabah adalah 17 tahun, dan membayar biaya admin Rp18 ribu setiap bulan.

Artikel Terkait: Tabungan Pendidikan Anak 

Tabungan pendidikan anak merupakan sebuah simpanan untuk jangka panjang agar dapat membiayai sekolah. Selain itu, sebelum mengajukan simpanan maka yang perlu dipersiapkan adalah kebutuhan pendidikan dari awal. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar